Selasa, 16 November 2010

Fungsi Arboretum

Arboretum Unpad turut berperan dalam menunjang kegiatan pendidikan di lingkungan Universitas Padjadjaran. Hal tersebut terlihat dari fungsi dan tujuan didirikannya Arboretum Unpad. Fungsi Arboretum Unpad yang menunjang kegiatan pendidikan antara lain:
  1. Arboretum Unpad sebagai laboratorium lapangan
Keanekaan jenis tumbuhan yang terdapat di kawasan Arboretum dapat dijadikan sebagai bahan untuk studi ataupun penelitian dalam berbagai disiplin ilmu. Banyak aspek yang dapat dijadikan bahan penelitian seperti ekologi, botani, kimia farmakologi, pakan ternak, hama dan penyakit tumbuhan, holtikultura, dan lainnya. Dalam hal ini Arboretum Unpad telah melakukan upaya dalam membantu dalam penyediaan informasi, bahan studi dan juga lokasi penelitian dari berbagai pihak yang bergerak di bidang lingkungan hidup.
  1. Edukatif
Arboretum Unpad juga berperan dari sisi edukatif dengan memberikan pengenalan mengenai berbagai macam jenis tumbuhan yang terdapat dalam Arboretum. Pengenalan tersebut tidak hanya dilakukan pada kalangan akademis tetapi juga pada masyarakat umum. Dengan memberikan pengenalan terhadap berbagai jenis tumbuhan, maka Arboretum Unpad dapat memberikan informasi mengenai manfaat dan khasiat berbagai macam tumbuhan, juga memberikan pendidikan mengenai konservasi dari tanaman yang terancam punah kepada masyarakat luas.
  1. Koleksi dan Museum hidup
Bertambahnya jenis tumbuhan yang terdapat dalam Arboretum Unpad merupakan bentuk dari pengkoleksian yang berkelanjutan. Arboretum Unpad sebagai museum hidup berupaya menyelamatkan jenis-jenis tumbuhan yang hampir punah, sehingga di masa mendatang, kekayaan plasma nutfah dapat terselamatkan dan tersimpan dengan baik.
  1. Klimatologis
Arboretum Unpad turut andil dalam menciptakan suasana kampus Unpad Jatinangor yang sejuk dengan membentuk iklim mikro. Iklim mikro yang terbentuk merupakan hasil olahan berbagai jenis tanaman yang terdapat di Arboretum Unpad. Iklim mikro yang terbentuk antara lain kelembaban, curah hujan, dan kadar oksigen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar