Selasa, 16 November 2010

Peranan Arboretum

Arboretum Unpad juga memiliki peranan lain, yaitu:
  1. Konservasi hidro-orologis
Arboretum Unpad yang banyak ditanami berbagai jenis tumbuhan dan merupakan suatu subdas kecil dan adanya cek dam di bagian hilirnya , yang secara tidak langsung telah membantu upaya konservasi hidro-orologis karena struktur akar tanaman mampu menyerap kelebihan air hujan, sehingga menyerap ke dalam tanah, dan dapat mencegah banjir bagian hilir serta memperkecil erosi.
  1. Estetika
Keberadaan Arboretum Unpad yang hijau dan asri telah memberikan keindahan tersendiri pada kampus Unpad. Arboretum yang berada di sepanjang sisi barat kampus Unpad dapat menjadi pemandangan yang menyejukkan bagi masyarakat kampus dan sekitarnya.
  1. Rekreatif
Pemandangan yang indah dan lingkungan yang sejuk di Arboretum telah menjadi alternatif bagi masyarakat sekitar untuk berekreasi. Hal ini telah menjadi keuntungan tersendiri bagi Arboretum Unpad dalam upaya pengenalan dan pelestarian tanaman langka kepada masyarakat luas.
  1. Medis
Beberapa tanaman yang terdapat di Arboretum merupakan bahan yang dapat dijadikan bahan obat- obatan. Dengan demikian  dapat membantu masyarakat atau pihak-pihak yang memerlukan dalam penyediaan penyediaan bahan obat/ramuan  yang kadang-kadang sudah sulit didapat .
  1. Sumber bibit dan benih
Koleksi tanaman yang terdapat di Arboretum Unpad dapat menjadi sumber tersedianya kebutuhan akan benih dan bibit tanaman bagi pemuliaan ataupun untuk penelitian dan kebutuhan lainnya.    
  1. Habitat satwa liar
Dengan adanya berbagai jenis dan stratifikasi tumbuhan memungkinkan Arboretum Unpad menjadi habitat berbagai jenis satwa liar seperti burung, serangga, mamalia, dan reptil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar